Minggu, 09 Juli 2017

Prak 04 – Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE


1. Tujuan
Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.

2. Alat
Maxon Cinema 4D R16
Adobe After Effects CC 2015

3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya

​4. Dasar Teori
Camera Depth adalah kedalaman pada kamera. Camera depth ini dapat digunakan pada pembuatan animasi 3d ini adalam fokusan pada kamera yang digunakan pada cinema 4d, pada objek mana yang akan dituju dan dibuat lebih fokus dari yang lain. Pada akhirnya, camera depth ini membuat pergerakan kamera dari yang lebih luas menjadi yang lebih spesifik yaitu diarahkan pada logonya.
Multipass Rendering adalah rendering dengan memisahkan beberapa objek untuk diaplikasikandi after effect. Sehingga multipass rendering ini dapat membuat beberapa objek dapat dibuat terpisah. Objek yang dibuat terpisah antara lain adalah logo utamanya, physical layernya sebagai backgoundnya dan secondary asset sebagai asset yang mengelilingi logo utama.
Depth Of Field atau DOF merupakan pengaturan yang membuat hasil video menjadi semakin lebih mempunyai titik fokus tertentu. Pada praktikum kali ini objek yang difokuskan adalah untuk membuat logo menjadi lebih nyata daripada secondary assetnya. Pada praktikum kali ini digunakan untuk membuat aplikasi after effect untuk membuat DOF lebih terlihat seperti memberikan layer yang digunakan untuk membuat animasi menjadi mempunyai blur tersendiri.
Compositing adalah salah satu tools yang digunakan untuk memisahkan beberapa objek agar bisa direndering secara terpisah. Hal ini terdapat pada tab tags dan compositing.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
Import masing-masing image sequences ke AE.
Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur

​6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum:
Setting Camera DOF di C4D
Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
Implementasi DOF di AE menggunakan Camera Lens Blur

7. Hasil Praktikum​



8. Kesimpulan
Kesimpulan pada praktiikum kali ini adalah terdapat beberapa penamaan yang harus diprhatikan dalam melakukan rendering. Hal ini akan memudahkan untuk membuat animasi pada after effctnya.

​9. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects

Tidak ada komentar:

Posting Komentar