Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves
1. TujuanPada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. AlatAdobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya
asset sekunder download
4. Dasar TeoriGunakan pertanyaan berikut untuk menuliskan dasar teori yang relevan
Jelaskan fungsi secondary Assets
Secondary Asset ini digunakan untuk menambahkan logo pens yang berukuran kecil yang berada di sekeliling logo PENS utama yang mengelilingi seperti mempunyai rute tersendiri. Secondary asset ini berupa project cinema 4d dengan animasi logo pens yang belum ditambahi effet apapun dalamnya, dan juga belum ada material maupun area light dan physical ligthnya. Dan secondary asset ini dibuat menjadi banyak dengan menambahkan clonner yang ada pada menu bar motion graph yang ada di atas. Setelah itu ditambahkan juga dengan effect helix.
Jelaskan fungsi F-Curves
Fungsi F-Curves sendiri digunakan untuk memperhalus animasi yang bergerak. Pada praktikum kali ini digunakan untuk membuat pada detik detik akhir menjadi semakin terlihat lebih lambat daripada pada detik detik awal. Hal ini membuat animasi bergerak lebih halus.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
Tambahkan secondary Assets
Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
2. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
3. Memperhalus gerakan dengan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum Modul 3: Secondary Asset dan Helix, Kompleksitas gerakan Logo Utama, F-Curves
8. Kesimpulan
Kesulitan saya dalam menyelesaikan praktikum modul ketiga ini adalah pada saat membuat logo utama pens dapat berputar satu poros, dan tidak jauh jauh dalam berputarnya agar tidak menabrak secondary asset yang lainnya. Solusi saya adalah dengan menganalisa tutorial dan memindahkan koordinator pada setiap extrude pada satu poros.
9. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
Tidak ada komentar:
Posting Komentar