Jumat, 26 Mei 2017

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material

1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. AlatAdobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya

4. Dasar Teori
Perbedaan motion guide pada flash dan dengan cara camera path
Apabila pada flash, motion guide merupakan garis lintasan yang digunakan untuk membuat objek bergerak pada tiap frame yang diatur. Namun berbeda dengan motion guide dengan camera path yaitu merupakan sudut pandang pergerakan kamera. Hal ini merupakan lintasan mana saja yang membuat animasi bergerak dengan sudut pandang kamera yang bergerak.
Perbedaan Physical Sky dan Area Light
Physical sky merupakan tools pada cinema 4d yang digunakan untuk merubah linghting berdasarkan waktu (timezone) pada daerah tertentu dan merubah objek mempunyai suasana langit pada waktu yang ditentukan. Hal ini akan memperngaruhi cahaya pada objek untuk keseluruhan layer.
Area Light merupakan tools pada cinema 4d yang digunakan untuk memberikan tambahan cahaya yang diinginkan dan dapat diatur intensitas dan arah cahaya yang diinginkan dalam layer animasi yang akan dibuat.
Material dan contoh penggunaan.
Material merupakan salah satu tools yang digunakan untuk merubah objek animasi yang dibuat mHaempunyai material atau bahan tertentu sehingga mempunyai sifat bahan yang menyerupai bahan tersebut. Contohnya pada penggunaan animasi kali ini, contohnya seperti flare, vignette, dan chrome abberation
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path. Lebih spesifik lagi disebut dengan spline
2. Menggunakan Lighting mengunakan physical sky
3. Menambahkan lighting menggunakan area light
4. Menambahkan material

​7. Hasil Praktikum



Tidak ada komentar:

Posting Komentar